Friday 22 September 2017

50 Hari Soal Pemantapan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 6 SD/MI (ke-4)

Latihan 4
Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
1.     Perhatikan paragraf berikut!
      Pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo didirikan sebelum Indonesia merdeka. Pesantren tersebut berdiri pada 15 September 1944. Pendirinya adalah KH. Chudlori dari Desa Tegalrejo, Magelang. Pesantren pernah diporak-porandakan Belanda saat serbuan perang Kles II pada tahun 1948. Tahun 1949 pesantren dibangun lagi dan kini semakin berkembang dengan ribuan santri dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....

2.     Laporan pengamatan adalah ....
3.     DRH merupakan singkatan dari ....
4.     Daftar riwayat hidup adalah ....

5.     Perhatikan formulir berikut!
Nama lengkap            : Ahmad Syafruddin
Tempat tanggal lahir   : Bandung, 19 April 1993
Agama                       : Islam
Alamat                       : Jl. Turangga No.7, Bandung
Hobi                          : membaca dan berkebun
Pekerjaan                   : Pengusaha Agribisnis
Riwayat Pendidikan      :
1. SD           : SDN Nusantara                                           (1999-2005)
2. SMP         : SMP Syubhanul Wathon, Magelang               (2005-2008)
3. SMA         : SMK Syubhanul Wathon, Magelang               (2008-2011)
4. S1           : Selcuk University, Konya, Turki                     (2011-2015)
5. S2           : Universitas Brawijaya, Malang                       (2015-2017)
6. S3           : Institut Pertanian Bogor                               (2017-sekarang)
       
Lengkapilah paragraf berikut sesuai isi formlir!
      Nama saya ................................... . Saya lahir di ........... pada tanggal ............................... . Rumah saya ada di ............................................. . Saya beragama .......... . Sedari SD saya memiliki hobi membaca dan .............. . Riwayat pendidikan saya, SD ............................. Setelah lulus SD, saya  melanjutkan di SMP .............................., ............... . Lulus SMP saya diterima di ................................ . Alhamdulillah lulus SMK, saya mendapat beasiswa kuliah di ..........................., Turki. Setelah S1, saya melanjutkan kuliah di .............................. Sembari melanjutkan S2, saya merintis usaha di bidang pertanian atau agribisnis. Alhamdulillah ketika lulus S2 tahun 2017, usaha saya sudah berkembang. Saat ini Saya mengelola usaha sambil menambah ilmu di bidang agribisnis, dengan melanjutkan belajar di ..........................................................  
6.    Cerpen singkatan dari ....
7.    Tokoh protagonis adalah ....
8.    Tokoh antagonis adalah ....
9.    Tokoh tritagonis adalah ....
10.  Perhatikan paragraf berikut!
      Dahulu kala di sebuah desa, ada seorang pemuda bernama Hamid. Hamid adalah pemuda yang sholeh dan rajin bertani. Hamid tak seperti pemuda kebanyakan di desanya yang malas dan gengsi bekerja sebagai petani.
Hamid pergi ke sawah setelah sholah shubuh. Menjelang waktu dhuhur ia pulang, dan pergi ke surau. Setelah istirahat dan makan siang, pemuda itu kembali ke sawah untuk bertani. Menjelang waktu ashar Hamid pulang ke ruamah seraya berdoa kepada Allah SWT., semoga hasil sawahnya bagus dan berkah.

11.  Siapa tokoh dalam cerita di atas?
12.  Bagaimana watak tokoh dalam cerita?
13.  Berdasarkan wataknya, tokoh di atas merupakan tokoh ....
14.  Bagaimana watak kebanyakan pemuda di desanya?
15.  Latar waktu pada paragraf pertama adalah ....
16.  Latar tempat pada paragraf pertama adalah ....
17.  Dalam kalimat, “Hamid pergi ke sawah setelah sholah shubuh.” Mengandung dua latar cerita, yaitu latar ............... dan ................ .
18.  Bagaimana cara Hamid melaksanakan ketaatan beribadahnya?
19.  Tema cerita di atas adalah ....
20.  Amanat cerita tersebut adalah ....


21.  Buatlah laporan pengamatan keadaan kelasmu!

No comments:

Post a Comment

Featured post

Pengertian Rubrik

Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI : Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maup...